Naja Umar

Penulis bernama Najalaili Umar. Di sela-sela kesibukannya sebagai guru Matematika di MAN 4 Aceh Timur, ia mengembangkan hobbinya yaitu menulis. Bergabung bers...

Selengkapnya
Navigasi Web
IBADAH HAJI JUGA BATAL?

IBADAH HAJI JUGA BATAL?

#TG_023

#SemuaAdaHikmahnya

#PutusRantaiCorona

"Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji pada 2020 atau tahun 1441 Hijriah," kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam jumpa pers yang disiarkan langsung melalui YouTube, Selasa (2/6/2020).

Menag menyampaikan keputusan ini diambil dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya pemerintah Arab Saudi hingga saat ini masih belum membuka akses bagi negara mana pun terkait pandemi Corona (COVID-19). Pemerintah Indonesia berulang kali meminta kejelasan kepada pemerintah Arab Saudi mengenai pelaksanaan ibadah haji ini. Namun hingga pagi tadi, belum juga didapatkan kejelasan. Akses untuk jemaah haji dari berbagai negara, masih ditutup oleh Arab Saudi.(https://news.detik.com/berita/d-5036862/keputusan-resmi-pemerintah-ri-calon-jemaah-haji-2020-tak-diberangkatkan diakses tanggal 2 Juni 2020).

Begitulah pengumuman resmi pemerintah terkait pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Bahwa akhirnya keberangkatan ibadah haji tahun ini dengan sangat terpaksa tidak dapat dilaksanakan sebagaimana seharusnya. Kabar ini menjawab kecemasan para calon jamaah haji selama beberapa bulan ini. Sungguh tak terkirakan kabar ini sangat menyedihkan, perih menyesakkan dada. Terutama bagi para calon jamaah haji yang telah menanti waktu keberangatan hingga bertahun lamanya dengan penuh kesabaran. Padahal ikhtiar pun telah dilakukan sedemikian rupa untuk memenuhi syarat “mampu” menjalankan ibadah ke Baitullah sebagai Rukun Islam ke-5. Tetapi kini justru kenyataan pahit yang harus diterima. Masa yang sangat didamba akhirnya harus tertunda.

“Entah pun tahun depan kita masih diberi kesempatan umur dan kesehatan,” ucap lirih seorang calon jamaah dengan mengusap sudut matanya menahan kesedihan.

Benarlah kiranya, wabah pandemic corona ini benar-benar telah mengubah sistem keberlangsungan hampir seluruh aktivitas kehidupan sosial masyarakat di segala bidang. Mulai dari gaya dan pola hidup sehari-hari, sikap dan kepribadian setiap individu, sistem pendidikan dan pengajaran, bahkan pelaksanaan ibadah sebagai bentuk tunduk dan patuh pada Sang Maha Penguasa Alam. Hubungan manusia dengan manusia (hablum minan nas) serta hubungan manusia dengan Khaliqnya (hamblum minanllah) pun harus dijalankan dalam protocol ksehatan dan keselamatan.

Namun ada yang perlu kita pahamkan. Bahwa Allah selalu punya maksud dibalik setiap semua peristiwa itu diciptakan. Jadi kita tidak perlu buang waktu percuma hanya untuk mengeluh apalagi menuduh atau memprotes pada keadaan. Tidak ada yang harus disalahkan. Mungkin ini adalah musibah atau kita sedang diberi ujian?

Mari kita bersikap bijak dan cerdas dalam berkelakukan. Belajar dan bekerja secara online. Bahkan rindu ke Baitullah juga ditahan. Mari setiap kita terus kuatkan usaha dalam kebaikan dengan maksimal yang bisa kita lakukan. Tetaplah sabar dalam setiap ikhtiar. Dan mari terus giatkan doa dengan sangat sungguh-sungguh dalam sujud-sujud yang panjang. Lets do our best and Allah will do the rest.

“Ketahuilah sesungguhnya kepunyaan Allahlah apa yang di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia mengetahui keadaan yang kamu berada di dalamnya (sekarang). Dan (mengetahui pula) hati (manusia) dikembalikan kepada-Nya, lalu diterangkan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Dan Allah Maha mengehui segala sesuatu.” (QS. An-Nur ayat 64)

#StayAtHome

Self_reminder.

I_am_not_teaching_I_am_learning

Ktb, 02 Juni 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mundur selangkah

02 Jun
Balas

Hanya Allah yang Tahu

03 Jun

salam literasi

04 Jul
Balas

Wah keren bu,ttp berkarya,jangan lupa follow akun saya,mari berbagi

02 Jun
Balas

Salam literasi?

03 Jun



search

New Post